Meski Terlihat Mudah, Hanya Sedikit Yang Berani Lakukan Teknik Panenka

Teknik Penalti Panenka, merupakan salah satu teknik penalti yang sangat populer di Sepakbola. Jika dilihat, teknik ini terlihat sangat mudah, bahkan tidak membutuhkan banyak energi. Akan tetapi, hanya segelintir pemain yang berani menerapkannya dalam laga resmi.

40 tahun silam adalah saat dimana teknik ini diperkenalkan atau tepatnya diciptakan pertama kali oleh Antonin Panenka. Hebatnya lagi, teknik tersebut diperkenalkan Panenka dalam drama adu penalti di Final Euro 1976 melawan Jerman Barat.

Dia berhasil melakukan teknik penalti baru tersebut, dan sejak saat itu teknik ini mulai ramai diperbincangkan.

Tentu saja, ada beberapa pemain yang langsung mencoba meniru gaya panenka, tapi tingkat keberhasilannya bisa dikatakan sangat kecil. Bahkan, pengalaman dan teknik tinggi seorang pemain tak jadi jaminan keberhasilan penalti panenka ini.

Sebut saja Andrea Pirlo, kita tahu persis kualitas legenda AC Milan dan Italia ini. Namun nyatanya, dia gagal saat pertama kali mencoba teknik Panenka ke gawang Barcelona di ajang Joan Gamper Trophy pada tahun 2010 silam.

Kemudian jangan lupakan momen mengecewakan kiper Mickael Landreau, dengan rekor bagus dari titik 12 pas. Trik Panenkanya gagal, dimana itu membuang kesempatan membawa Nantes memenangi final Piala Liga Prancis 2004 ketika melawan Sochaux di partai final.

Masih ada banyak contoh lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Yang jelas, selain teknik dan pengalaman, butuh keberanian dan keyakinan yang tinggi untuk bisa menggunakan teknik Panenka ini, terlebih dalam sebuah laga besar.

Tapi, ada cukup banyak pemain dan legenda sepakbola yang berhasil meniru gaya penalti panenka ini. Misalnya saja Francesco Totti, yang berperan membawa Italia mengalahkan Belanda dalam adu penalti di semifinal Euro 2000.

Kemudian ada Zinedine Zidane saat melawan Italia, pada menit 7 final Piala Dunia 2006, yang membawa Prancis unggul lebih dulu atas Italia.

Lionel Messi juga beberapa kali sempat mencoba teknik panenka ini, dengan tingkat keberhasilan 100 persen. Jangan lupakan juga bek sekaligus kapten Real Madrid, Sergio Ramos, yang tampak sangat tenang setiap kali melakukan trik ini.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *