Arsenal Sebaiknya Jangan Berharap Banyak pada Arteta

Arsenal telah resmi menunjuk Mikel Arteta sebagai manajer anyar mereka, menggantikan Freddie Ljunberg yang selama ini bekerja sebagai pelatih sementara. Jelas, kedatangan Arteta membawa Euforia tersendiri bagi klub, tapi Paul Merson meminta para fans untuk tidak berharap banyak pada mantan assisten Pep Guardiola tersebut.

Seperti diketahui, Sabtu dinihari WIB (21/12), Arsenal memang telah mengumumkan kedatangan Mikel Arteta. Sang mantan pemain tersebut resmi ditunjuk menjadi manajer tetap klub, setelah selama beberapa pekan terakhir ini ditangani manajer interim, Freddie Ljunberg.

Kendati akhirnya memiliki pelatih tetap, tapi penunjukkan Mikel Arteta sebagai manajer anyar memunculkan pro dan kontra. Pasalnya pelatih berusia 37 tahun itu belum sekalipun menjadi manajer dari sebuah klub. Sejak pensiun di tahun 2017 lalu, Arteta hanya bekerja sebagai assisten pelatih Di Manchester City.

Salah satu mantan pemain Manchester United, Paul Merson menilai bahwa Arteta tidak akan bisa langsung menbawa Arsenal kembali berjaya.

“Mikel Arteta menjadi pelatih Arsenal itu seperti halnya Conor McGregor mencoba untuk melawan Floyd Mayweather,” demikian ujar Merson kepada Daily Star.

Bahkan lebih dari itu, Merson khawatir Arteta tidak bisa membawa perubahan positif bagi Arsenal, mengingat yang bersangkutan belum punya pengalaman dalam melatih.

“Menangani tim seperti Arsenal adalah salah satu pekerjaan besar dalam dunia sepakbola, dan bagaimana bisa mereka memberikan pekerjaan itu kepada pelatih yang belum pernah menangani sebuah klub di sepanjang hidupnya.”

“Saya rasa Mikel adalah sosok pria yang baik, dan saya pribadi yakin dia adalah pelatih yang bagus, dan baginya, pekerjaan ini sulit untuk ditolak. Namun pelatih yang baik belum tentu menjadi manajer yang baik dan anda sudah melihat hal itu berulang kali.” Tandasnya.

Karena alasan tersebutlah, Merson meminta para fans Arsenal untuk tidak terlalu berharap pada sosok Arteta.

“Dia tidak memiliki pengalaman sama sekali dan jika Direksi Arsenal berpikir tim ini bisa langsung bermain dengan baik hanya karena Arteta pernah bekerja untuk Pep Guardiola, maka mereka harus bangun dan minum kopi.” Tutupnya.

Menariknya, Arsenal sendiri menyodorkan kontrak berdurasi tiga setengah tahun untuk Arteta, yang artinya mereka sudah percaya penuh pada pria asal Spanyol tersebut.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *